Recent Posts

    Kekristenan Bertumbuh, Ateisme Menurun di Seluruh Dunia, Menurut Laporan


    Berita utama mungkin menyatakan bahwa Kekristenan menurun di Amerika Serikat, tetapi penelitian baru menunjukkan Kekristenan bertumbuh lebih cepat daripada populasi di seluruh dunia – dan ateisme dan agnostisisme sedang menurun secara bertahap.

    Laporan Status of Global Christianity tahun 2019 menunjukkan ada 2,5 miliar orang Kristen di dunia pada pertengahan tahun 2019 – peningkatan besar dari 1,98 miliar orang Kristen pada tahun 2000 dan lebih dari dua kali lipat jumlah orang Kristen (1,2 miliar) pada tahun 1970. Kekristenan berkembang di seluruh dunia dengan laju 1,27 persen setiap tahun dan melampaui pertumbuhan populasi (1,20 persen) – dan sedang booming di Afrika (2,37 persen), Asia (2,79 persen) dan Amerika Latin (2,29 persen).

    Baca juga: 45 Persen Mahasiswa Menginginkan ‘In God We Trust’ Dihapus dari Mata Uang AS


    Dengan perbandingan, ada 138 juta Ateis di seluruh dunia di pertengahan tahun 2019–sedikit lebih banyak dibanding 137 juta di tahun 2000 tetapi kurang dibanding 165 juta di tahun 1970. Pertumbuhan Ateisme tahunan menurun (0,04 persen) dari populasi tersebut, dan jumlah Ateis di seluruh dunia diperkirakan menurun menjadi 132 juta di tahun 2025.

    Agnostisisme dan mereka yang berafiliasi dengan kategori "non-agamawan" juga sedang menurun, menurut laporan itu.

    Laporan Status of Global Christianity dirilis oleh Pusat Studi Kekristenan Global di Seminar Teologi Gordon-Conwell.

    Pusat Riset Pew mempelajari bahwa bulan ini menunjukkan persentase orang-orang dewasa Amerika yang menyebut mereka Kristen telah menurun dekade lalu, dari 77 persen ke 65 persen, dimana persentase orang-orang dewasa Amerika yang diketahui sebagai Ateis, agnostik atau "tidak ada yang khusus" meningkat dari 17 persen ke 26 persen dalam rentang yang sama.

    Baca juga: Orang Beragama Lebih Bahagia, Menurut Penelitian


    Namun, secara global, data tersebut berlawanan dengan data Pew, menurut laporan The Status of Global Christianity.

    Ada 716 juta agnostik di dunia pada pertengahan tahun 2019, tetapi pada tahun 2025 yang diproyeksikan akan turun menjadi 707 juta. Orang yang tidak beragama berjumlah 854 juta tahun ini tetapi diperkirakan akan turun menjadi 839 juta pada tahun 2025.

    Sebagian besar pertumbuhan kekristenan disebabkan oleh peningkatannya di benua lain. Afrika (119 juta) dan Asia (160 juta) masing-masing memiliki lebih banyak orang Kristen daripada Amerika Utara (100 juta).

    Di antara tradisi Kristen, evangelikalisme (2,19 persen) dan Pentakostalisme / Kekristenan karismatik (2,26 persen) tumbuh lebih cepat daripada Protestan (1,61 persen) dan Katolik Roma (1,02 persen).

    Baca juga: Rick Warren: "Para Umat Kristen Perlu Mencintai Gereja"


    Terlepas dari data positif untuk agama Kristen, laporan itu menunjukkan pertumbuhannya di kota-kota tidak sedramatis itu. Populasi kawasan perkotaan global tumbuh pada tingkat 2,15 persen, lebih dari pertumbuhan agama Kristen di kota-kota (1,58 persen).

    (Sumber: ChristianHeadlines)

    Belum ada Komentar untuk "Kekristenan Bertumbuh, Ateisme Menurun di Seluruh Dunia, Menurut Laporan"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel


    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel