Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Tempat Wisata Rohani Di Indonesia

Selain refreshing dari rutinitas, wisata rohani juga bisa memperdalam pengetahuan sejarah agama sekaligus iman. Bukan hanya di luar negeri, Indonesia juga memiliki beberapa wisata rohani yang terbentang dari Sumatera Utara, ujung utara Sulawesi hingga Papua. 

1. Bukit Salib Kasih, Tarutung

Bukit ini kira-kira berjarak sekitar 2 KM dari kota Tarutung. Bukit ini juga dibangun untuk mengenang misionaris yang menyebarkan agama Kristiani di Sumatra, yakni Pdt. DR. I.L Nommensen sejak Oktober 1993.

Memiliki ketinggian 30 meter dari permukaan tanah dan pada bagian bawah, salib ditopang tiga tiang besar. Pengunjung mesti melakukan pendakian menuju Salib Kasih sekitar 1 km.

Di sekitar Salib Kasih, ada juga kapel yang disebut Rumah Doa, seluas 2x2 meter yang dibangun dari donasi wisatawan lokal yang sukses di perantauan.

2. Bukit Doa Tomohon, Sulawesi Utara

Bukit ini terletak di kawasan Tomohon, di kaki gunung Mahawu, Sulawesi Utara. Kira-kira memakan waktu perjalanan selama 60 menit dari Kota Manado.

Bukit Doa Tomohon dikenal oleh masyarakat Manado dengan beberapa sebutan, Bukit Kelong, Bukit Doa Mahawu, Jalan Salib Mahawu dan Prayer Hill of Tomohon.

Tidak hanya digemari oleh umat Kristen, namun juga lintas agama.

Hal ini dikarenakan lokasinya yang sangat luas dan memiliki keindahan alam, sejuk dan bersih, serta dilengkapi wisata outbound dan tempat piknik keluarga. Bukit Doa ini dipenuhi berbagai bunga dengan background Gunung Lokon, salah satu gunung berapi aktif di Manado.

3. Patung Tuhan Yesus Memberkati, Toraja

Patung Tuhan Yesus Memberkati di Buntu Burake, Toraja, merupakan Patung Yesus tertinggi di dunia, bahkan mengalahkan Patung Christ the Redeemer di Brazil jika dihitung ketinggian dari permukaan laut.

Lalu untuk menapai patung ini, para peziarah harus melewati 7.777 anak tangga.

Patung yang diinisiasi langsung oleh Gubernur Sulawesi Selatan,  Syahrul Yasin Limpo ini memiliki ketinggian 40 meter yang terdiri dari tinggi landasan 17 meter dan patungnya sendiri memiliki tinggi 23 meter.

4. Graha Maria Annai Velangkanni, Medan, Sumatera Utara

Terletak di Taman Sakura Indah, Jalan Bunga Sakura III No. 10, Kelurahan Tanjung Selamat, Kecamatan Medan Tuntungan. Gereja Maria Annai Velangkanni adalah salah satu Gereja Katolik warga India yang ada di Medan. Karena desain dan interiornya yang unik, Gereja Graha Maria Annai Velangkanni ini lebih menyerupai kuil Vihara umat Buddha daripada sebuah Gereja.

Kemudian, terdapat juga relief-relief yang menceritakan peristiwa penyaliban Yesus Kristus. Bangunan ini pun terdiri dua lantai.

Pada lantai satu terdapat aula dan tempat ibadah. Sedangkan pada lantai dua terdapat patung Annai Velangkanni dan puteranya, yang didatangkan langsung dari India.

5. Monumen Yesus Kase Berkat, Manado

Monumen Yesus Memberkati atau yang biasa lebih dikenal dengan Yesus Memberkati atau dalam Bahasa Manadonya Yesus Kase Berkat adalah pasting Yesus Kristus yang berdiri setinggi 50 meter atau 158 kaki, terdiri dari penopang 20 meter setinggi 30 meter yang terletak di Manado.

Tepatnya patung ini terletak di puncak perumahan Citraland Manado, terbuat dari 25 ton serat logam dan 35 ton baja. Patung ini menjadi ikon baru kota Manado karena menjadi patung tertinggi ke-2 di Asia sekaligus menjadi patung Yesus tertinggi ke-4 di dunia.

6. Patung Yesus Kristus, Pulau Mansinam, Manokwari

Patung Yesus Kristus di Pulau Mansinam ini terletak di Pulau Mansinam, Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat. Patung merupakan tanda penyebaran injil di tanah Papua. Patung setinggi 30 meter ini telah diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhonoyono pada 24 Agustus 2014 lalu. 

7. Patung Kristus Raja, Saumlaki, Maluku

Patung Kristus Raja yang berada Saumlaki, Maluku adalah patung Yesus tertinggi di Indonesia. Letak persis patung ini berada di Pulau Yamdena, Desa Olilit Timur, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Saumlaki, Provinsi Maluku.

Patung ini mencapai 25 meter termasuk dengan penyangganya. Yang membuatnya menariknya adalah di bagian bawah patung terdapat sebuah bangunan kapela yang bisa dipakai untuk Misa Kudus. Selain itu, keunikan lainnya adalah Patung Kristus Raja di Saumlaki adalah menghadap langsung ke Laut Arafuru seolah menyambut setiap orang yang datang ke pulau ini.

8. Larantuka Nusa Tenggara Timur

Di Larantuka biasanya akan ada hari-hari penuh doa menjelang perayaan Paskah, yang disebut Semana Santa. Biasanya masyarakat Katolik mengunjungi Larantuka untuk mendapatkan pengalaman rohani.

Tidak hanya masyarakat Indonesia namun juga masyarakat luar karena di Larantuka terdapat banyak peninggalan Bangsa Portugis, diantaranya adalah tiga buah kapel yang memiliki patung berumur ratusan tahun, dan memiliki kegiatan keagamaan menjelang dan saat hari raya selama Semana Sancta.

Posting Komentar untuk "8 Tempat Wisata Rohani Di Indonesia"