Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Suku Di Indonesia Mayoritas Kristen

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki suku bangsa dan ras yang beragam.
Suku bangsa adalah suatu golongan manusia yang anggota-anggotanya mengidentifikasi dirinya dengan sesama. Biasanya, kesamaan tersebut didasarkan pada garis keturunanan.

Berikut 11  suku di Indonesia yang mayoritas beragama kristen.

1. Suku Batak dari Sumatera Utara 

Penginjilan di tanah Batak, dimulai oleh penginjil Amerika bernama Munson dan Lyman, namun mereka mati dibunuh di Lembah Silindung oleh salah satu Raja Batak bernama Raja Panggalamei dan rakyatnya. penginjilan di Tanah Batak baru mencapai puncaknya ketika seorang penginjil Jerman bernama Nommensen melakukan misi di Tanah Batak. 

2. Suku Nias dari Sumatera Utara

Suku ini berasal dari pulau Nias yang terletak dibagian barat Provinsi Sumatera Utara. 85% populasi Suku Nias beragama Kristen Protestan dan 5% beragama Katolik. 

3. Suku Mentawai dari Sumatera Barat

Walaupun provinsi Sumatera Barat dikenal dengan salah satu provinsi basis agama islam, namun ada satu kabupaten di provinsi ini yang mayoritas beragama kristen, yaitu kabupaten Kepulauan Mentawai. 

4. Suku Dayak dari Pulau Kalimantan

Khususnya Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat. Suku Dayak terbagi lagi dalam beberapa sub etnik, mayoritas beragama Katolik atau Protestan.

5. Suku Minahasa dari Sulawesi Utara

Suku Minahasa adalah  suku yang mayoritas bermukim di daerah Minahasa Raya, Manado, Tomohon dan Bitung. Dan merupakan suku terbesar di Pruvinsi Sulawesi Utara. 

6. Suku Pamona atau Suku Poso di Sulawesi Tengah 

Suku ini berpusat di Kabupaten Poso dimana 70% beragama Kristen Protestan dan 2% Katolik.

7. Suku Toraja di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat

Toraja adalah suku yang menetap di pegunungan Sulawesi Selatan dengan 65% populasi beragama Protestan dan 17% beragama Katolik.

8. Suku Kepulauan Maluku

Suku di Keplulauan Maluku, terbagi menjadi beberapa sub etnik, dan beberapanya mayoritas beragama Kristen. Penginjilan di wilayah Maluku digencarkan oleh misionaris Belanda bernama Joseph Kam.

9. Suku Tobelo di Maluku Utara

Sebagian besar suku ini berdiam di bagian utara Pulau Halmahera dan sebagian di daratan Pulau Morotai dan menggunakan bahasa Tobelo.

10. Suku di Provinsi Nusa Tenggara Timur

Suku di NTT terbagi lagi menjadi beberapa sub etnis. Penduduk NTT 54% beragama Katolik dan 37% beragama Protestan.

11. Suku Adat di Papua

Papua adalah provinsi terluas di Indonesia. Walaupun terbagi menjadi ratusan suku, namun orang awan seringkali menyebutnya dengan sebutan Suku Papua atau Suku Irian.
73% dari populasi Suku Papua beragama Protestan dan 17% beragama Katolik.


1 komentar untuk "11 Suku Di Indonesia Mayoritas Kristen"

  1. Suku di sangihe talaud yg berbatasan dgn Philipina selatan..

    BalasHapus