Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Guru Ngaji Termuda Masuk Kristen dan Percaya Yesus - Ricky Setiawan


Muhammad Ricky Setiawan merupakan nama awal, setelah masuk kristen Namanya ditambahkan menjadi Muhammad Jeremiah Ricky Setiawan. Yang jadinya dalam nama tersebut mengandung dua nama nabi. 

Ricky lahir dari keluarga muslim. Ia dididik sangat keras dalam hal agama. Sejak kecil ia sudah masuk TPA. Orang tua bilang ia tidak boleh memegang Alkitab juga tidak boleh berteman dengan orang Kristen. Kelas 2 SD sudah bisa membaca Alquran dan kelas 3 sudah dapat menghafal Alquran. Seiring berjalannya waktu, ia memang hafal Alquran tetapi tidak paham.

Ia pernah menjadi guru ngaji sekaligus imam saat masih berumur 11 tahun. Ia mengajari orang tua dan anak-anak mengaji. Ia mengajari mereka sampai mereka bertumbuh menjadi islam yang baik yang mengerti sholat dan mengerti membaca Alquran. Di daerah situ memang kurangnya pengetahuan tentang agama.



Saat pindah ke Jakarta, Ricky terjebak dalam pergaulan bebas dari awalnya merokok hingga pakai narkoba. Dia pun ke Aceh selama setahun dan malah menjadi pecandu ganja. Diusirlah ia dari Aceh dan kembali ke Jakarta. Ia pun tetap masuk di pergaulan bebas di Jakarta. Dipindahkan lagilah ia ke Manado.

Di Manado hidupnya malah tambah berantakan. Ia mabuk-mabukan dan kenal judi hingga bertengkar antar kampung. Iapun sakit muntah darah dan memutuskan untuk bertobat. Tetapi setelah sembuh ia kembali melakukannya lagi. Hingga ia kemudian sakit lagi hingga hampir mati dan kini memutuskan untuk benar-benar bertobat.

Memasuki 2016, ia kembali minum-minuman beralkohol lagi. Saat itu ia mabuk dan saat sadar ia di gereja. Ia pun kabur karena malu. Hal itu terjadi berulang. Ia mabuk dan berakhir di gereja yang sama dengan diurus oleh pendeta yang sama. 

Tiba-tiba hari minggu ia sudah rapi dan pergi ke gereja. Ia menerima damai sejahtera di dalam gereja. Ia tidak mengerti mengapa orang bernyanyi-nyanyi. Namun, saat pendeta mulai berdoa, hatinya mulai tersentuh. Itulah awal mula ia mengenal Yesus Kristus.

Tonton video kesaksian Ricky Setiawan di bawah ini:



(Sumber: YouTube | Yusuf Manubulu)

Posting Komentar untuk "Guru Ngaji Termuda Masuk Kristen dan Percaya Yesus - Ricky Setiawan"