Recent Posts

    Pesan Junaedi Salat Sebelum Berpulang ke Rumah Bapa Sorgawi

    Junaedi salat meninggal

    Aktor senior pemain film 'Ali Topan Anak Jalanan', Junaedi Salat dikabarkan meninggal dunia, Senin (18/1/2021) di RS PGI Cikini. 

    Kabar duka tersebut dibenarkan oleh anaknya, Ochi Maulana Salat, yang mengabarkan lewat Instagram. Ia mengunggah foto sang ayah beserta kerabat dengan kue ulang tahun.

    "Telah dipanggil kembali ke rumah Bapa sorgawi : Bpk. Djunaedi Salad hari ini, Senin, 18 Jan.2021, pukul 20.09, di RS PGI Cikini," demikian isi pesan tersebut.



    Ochi mengenang ayahnya sebagai penganut Kristen yang taat. Ia pun melepas kepergian sang ayah dengan ikhlas.

    "Selamat pulang Papa kesayangan...Hati rasanya hancur tapi kita tahu Papa udah bersama Tuhan Yesus yang sangat Papa cintai dan juga mencintai Papa, terima kasih ya Pa untuk segala teladan yang terbaik, mengasihi dengan perbuatan bukan kata-kata semata dan hidup melayani orang lain," tulis Ochi.

    Ochi berharap bisa meniru sang ayah yang taat sebagai pendeta.

    "Semoga kita bisa terus belajar banyak menjadi seperti Papa, We love you so much...Selamat jalan sang pangilma garis depan Pekabaran Injil...sampai bertemu Pa di kekalan," ungkapnya.

    Dalam unggahannya, Ochi juga mengabarkan bahwa ibadah penghiburan Junaedi Salat akan dilakukan secara online karena situasi pandemi.

    Pesan Terakhir Junaedi Salat Sebelum Meninggal

    Kerabat dekat Junaedi Salat, Ikhsan Palopo mengungkap terdapat pesan yang beberapa kali sang aktor sampaikan sebelum meninggal dunia. “Pak Junaedi satu pelayanan sama saya. Saya wakil dari pak Junaedi, sangat dekat sekali saya. Ke manapun beliau pergi, saya selalu ada bersamanya,” tutur Ikhsan saat dihubungi Kompas.com, Selasa (19/1/2021). 



    “Dari pihak keluarga, Pak Jun selalu mengatakan begini, ‘ya udahlah saya mau pulang aja’, karena sudah cukup umur. Dia usianya 71. Kondisinya juga sudah lemah,” lanjut Ikhsan. 

    Sementara itu, sebelum meninggal dunia Junaedi Salat diketahui mengidap penyakit gula kronis. “Memang dia sakit gula darah sudah lama dan cukup parah. Dia sakit mulai akhir Desember, masuk ke awal Januari sampai saat ini,” ucap Ikhsan. 

    Sebagai informasi, karier Junaedi Salat di dunia perfilman Tanah Air bermula ketika mendapat peran utama di film Aku Tak Berdosa bersama Dewi Puspa. 

    Dalam film keduanya, Susana, Junaedi Salat beradu akting dengan Yenny Rachman. 

    Namanya melambung ketika 1977 menjadi bintang film Ali Topan Anak Jalanan. Junaedi Salat saat itu berperan sebagai Ali Topan yang gagah berani. Ia beradu peran dengan Yati Octavia.

    Baca juga: Prosesi Pemakaman Junaedi Salat. "Papa Baik Banget", Tutur Anak Babe Jun



    Tak lagi berkarier di panggung hiburan, pria kelahiran 2 September 1950 itu menghabiskan sisa hidupnya sebagai pendeta. Dimana sebelumnya dia menganut Islam.

    Pesan-Pesan Junaedi Salat yang Paling Diingat Keluarga

    Meskipun almarhum sudah meninggalkan kita, namun pesan-pesan dari almarhum tentu akan selalu diingat, baik oleh jemaatnya maupun khususnya oleh keluarganya.

    Jupita, salah satu anak almarhum misalnya. Ia mengaku sangat ingat akan pesan yang selalu disampaikan Junaedi Salat kepada dirinya dan kepada dua saudaranya yang lain. Menurutnya, lelaki yang tutup lembaran hidup di usia 70 tahun itu selalu berpesan untuk mengutamakan Tuhan dibandingkan atas kehidupan duniawi.

    "Banyak sih semuanya penuh kenangan. Almarhum sempat bilang kalau sama Tuhan harus serius, kalian jangan seriusnya sama dunia. Beliau ngajarin anak-anaknya seperti itu, menerapin Firman Tuhan dalam kehidupan sehari-hari. Papa itu mau di mimbar atau mau sehari-hari, real papa ya seperti itu," terang Jupita kepada JawaPos.com via telepon Selasa (19/1).



    Dia mengungkapkan ayahnya termasuk sosok yanga sangat baik sebagai seorang ayah. Dia jarang sekali marah. Namun ketika Junaedi Salat marah berarti ada hal serius yang harus dia peringatkan atau perbaiki. "Papa itu baik banget, lemah lembut, sabar, nggak pernah marah. Marah pun tujuannya untuk mendidik," tuturnya.

    Baca juga: Kesaksian Junaedi Salat Ali Topan "Anak Jalanan" Menjadi "Pelayan Tuhan"

    (Dari berbagai sumber)

    1 Komentar untuk "Pesan Junaedi Salat Sebelum Berpulang ke Rumah Bapa Sorgawi"

    1. Selamat jalan pahlawan rohani,,,saya yakin beliau sudah berada disurga.TUHAN lah yang memegang kendali atas segala sesuatu dan Ia memutuskan yang terbaik bagi bapak.kematian hanyalah perpisahan sementara,karna kita pada waktunya akan berjumpa,dan kita yang percaya Tuhan Yesus akan menuju kesana.tapi,, caranya berbeda-beda.🙏🙏
      Selamat berbahagia ditempat yang disediakan-Nya,bagi yang percaya dan yang setia, Amin 🙏🏻

      BalasHapus

    Iklan Atas Artikel


    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel