Recent Posts

    Mosaik Bunda Maria Ditutup Kain Karena Searah Kiblat


    Mosaik Kristen yang terdapat di dalam bangunan Hagia Sophia, Turki akan ditutupi gorden selama umat Muslim mengadakan ibadah. Juru bicara kepresidenan Turki, Ibrahim Kalin pada 19 Juli lalu mengatakan jika mereka sudah mempersiapkan bangunan Hagia Sophia sebagai tempat ibadah umat Muslim pada Jumat pertama 24 Juli.

    Ini adalah pertama kalinya bangunan ini digunakan lagi, setelah hanya menjadi museum setelah 86 tahun.


    Saat diwawancara televisi NTV, Kalin menjelaskan mosaik Bunda Maria dan malaikat Gabriel akan ditutup gorden selama ibadah berlangsung dikarenakan posisi mosaik tersebut tepat berada pada arah kiblat sehingga menghalangi untuk beribadah. 


    Sedangkan mosaik Yesus dan tokoh-tokoh Kristen lainnya tidak menghalangi umat Muslim bersembahyang karena mosaik itu tidak langsung menghadap kiblat. 

    Sementara di luar tempat sembahyang, semua mosaik di Hagia Sophia tidak akan ditutupi. Bangunan yang awalnya sebagai gereja katedral di masa kerajaan Bizantium itu kini bebas dikunjungi semua turis dan pengunjung. 

    Menurut rencana pada saat itu, salat Jumat di Hagia Sophia akan diikuti juga oleh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan pemimpin Partai Gerakan Nasionalis (MHP) Devlet Bahceli.
    (Sumber: Kumparan)

    Belum ada Komentar untuk "Mosaik Bunda Maria Ditutup Kain Karena Searah Kiblat"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel


    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel