Recent Posts

    Erdogan Mengubah Gereja Bersejarah Lain menjadi Masjid


    Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan kembali mengubah gereja Bizantium bersejarah lainnya menjadi sebuah masjid pada hari Jumat hanya beberapa minggu setelah membuka Hagia Sophia yang ikonik untuk ibadah Muslim.

    Gereja Holy Saviour abad ke-4 di Chora dibangun di dekat Konstantinopel kuno sebagai bagian dari sebuah biara. Bentuk gereja saat ini berasal dari abad ke-11 dan berisi beberapa lukisan dinding dan mosaik Kristen Bizantium tertua yang masih ada. Gereja tersebut diubah menjadi masjid pada tahun 1453, sampai pemerintah Turki sekuler menyatakan gereja tersebut sebagai bangunan umum pada tahun 1945.


    Seperti Hagia Sophia, gereja itu telah beroperasi sebagai museum hingga tahun ini.

    Erdogan pada hari Jumat menandatangani dekrit yang menyatakan situs Warisan Dunia UNESCO diubah menjadi masjid dan terbuka untuk sholat Muslim.

    Langkah tersebut memicu kritik dan kekhawatiran internasional bahwa Erdogan berusaha menghapus sejarah Kristen dengan Islam politik.

    "Ini adalah fakta bahwa kami terluka oleh konversi Hagia Sophia dan Gereja Chora menjadi masjid," kata Yang Mulia Patriarkh Ekumenikal Bartholomew dari Biara Panagia Faneromeni di Cyzicus, Orthodoxia melaporkan.

    "Kedua monumen unik Konstantinopel ini dibangun sebagai gereja Kristen. Mereka mengungkapkan semangat universal iman kita serta kasih dan harapan kekekalan. Mosaik dan ikon yang unik tersebut adalah 'makanan bagi jiwa dan pemandangan yang luar biasa bagi mata,' seperti yang dikatakan oleh penulis dan pelukis Yunani, Fotis Kontoglou. Mereka adalah bagian dari warisan budaya dunia," tambah Patriarkh Ekumenikal Bartholomew.

    Baca juga: Presiden Turki Mengubah Situs Kristen Hagia Sophia Menjadi Masjid


    "Kami berdoa kepada Tuhan yang penuh kasih, keadilan, dan kedamaian untuk menerangi pikiran dan hati mereka yang memiliki tanggung jawab dalam hal ini.

    Tidak jelas kapan tepatnya ibadah Muslim akan dimulai di Chora atau apa yang akan terjadi pada seni Kristen yang berharga di sana.

    Erdogan memimpin sholat Muslim di Hagia Sophia beberapa minggu lalu. Karya seni Kristen di Hagia Sophia ditutupi dengan tirai, lapor Reuters.

    Baca juga: Mosaik Bunda Maria Ditutup Kain Karena Searah Kiblat

    (Sumber: CBN News)

    Belum ada Komentar untuk "Erdogan Mengubah Gereja Bersejarah Lain menjadi Masjid"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel


    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel