Recent Posts

    Gereja Berusia 1.300 Tahun Ditemukan di Israel Dekat Situs Transfigurasi Yesus


    Para arkeolog di Israel telah menggali sebuah gereja Kristen berusia 1.300 tahun yang tidak jauh dari situs transfigurasi Yesus menurut tradisi.

    Gereja, sekitar 118 kaki x 39 kaki, termasuk "lantai mosaik hiasan" baru-baru ini ditemukan dalam penggalian di desa Israel Kfar Kama, yang berjarak sekitar dua jam perjalanan ke utara Yerusalem. Kfar Kama berjarak beberapa mil dari Gunung Tabor, yang menurut Origen - seorang teolog abad ketiga - merupakan situs Transfigurasi Yesus.

    [Transfigurasi Kristus adalah peristiwa di mana Yesus dimuliakan di atas gunung, serta bertemu dengan Musa dan Elia di atas gunung itu. Muka-Nya bercahaya dan penuh dengan kemuliaan.]


    Temuan arkeologis diumumkan dalam siaran pers oleh Kementerian Luar Negeri Israel. Uskup Agung Israel Youssef Matta dari Israel mengunjungi situs itu.

    "Penemuan baru itu menunjukkan pentingnya desa Kristen yang menetap di periode Bizantium dekat dengan Gunung Tabor, sebuah situs yang memiliki makna keagamaan utama bagi agama Kristen, yang diidentifikasi sebagai situs Transfigurasi," kata siaran pers.

    Penggalian dilakukan sebelum pembangunan lapangan bermain. Proyek itu dikepalai oleh arkeolog Nurit Feig atas nama Otoritas Barang Antik Israel bekerja sama dengan Moti Aviam dari Kinneret Academic College, menurut siaran pers.

    Gereja mencakup halaman besar, serambi narthex, dan aula tengah, kata Feig.

    "Khusus untuk gereja ini adalah keberadaan tiga apses [ceruk doa], sementara sebagian besar gereja ditandai oleh satu apse," kata Feig. “Nave dan gang-gang ditaburi dengan mosaik yang sebagian masih bertahan. Dekorasi warna-warni mereka menonjol, menggabungkan pola geometris, dan pola bunga biru, hitam dan merah."

    "Penemuan khusus," kata Feig, adalah "kotak batu yang digunakan untuk melestarikan peninggalan suci."

    Baca juga: Lokasi Pasar yang Diyakini Berumur 2.000 Tahun Ditemukan di Yerusalem


    Kamar tambahan sebagian terbuka di dekat gereja, dan pemeriksaan radar menunjukkan ada kamar tambahan yang belum digali.

    Pada awal 1960-an, sebuah "gereja yang lebih kecil dengan dua kapel digali" dalam Kfar Kama dan penanggalannya pada paruh pertama abad keenam. Kata Aviam, "Ini mungkin gereja desa, sementara gereja sekarang ditemukan mungkin bagian dari biara kontemporer di pinggiran desa."

    Sebagaimana diceritakan dalam Matius 17, transfigurasi Yesus terjadi "di atas gunung yang tinggi" ketika Petrus, Yakobus dan Yohanes memperhatikan. Wajah Yesus "bersinar seperti matahari, dan pakaiannya menjadi seputih cahaya." Musa dan Elia juga terlihat.

    Baca juga: Salib Usia 1.200 Tahun, Berat 3 Ton Ditemukan di Pakistan

    (Sumber: Christianheadlines)

    1 Komentar untuk "Gereja Berusia 1.300 Tahun Ditemukan di Israel Dekat Situs Transfigurasi Yesus"

    1. Kebenaran tdk boleh di manipulasi.lambat atau cepat pasti ketahuan.jdi kebenaran jgn di sembunyikan dgn kebohongan🙏🙏👍

      BalasHapus

    Iklan Atas Artikel


    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel