Recent Posts

    Sekelompok Pria Bersenjata Membunuh 27 Orang di Desa-Desa yang Mayoritas Penduduknya Kristen di Mali


    Serangan brutal oleh orang-orang bersenjata yang memakai sepeda motor menyebabkan 27 orang tewas dalam serangan terhadap tiga desa di Mali Tengah pekan lalu. Banyak dari mereka yang meninggal ditembak atau dibakar hidup-hidup, New York Times melaporkan.

    Serangan itu terjadi selama 24 jam pada pekan lalu sebagaimana sebagian besar penggembala Fulani Islam membunuh petani Dogon yang mayoritas beragama Kristen di Bamako. Di desa pertama, Tille, mereka membunuh tujuh orang. Kemudian mereka membunuh 20 warga sipil lainnya keesokan harinya di desa Bankass dan Koro.

    Serangan itu melanjutkan sebuah pola kekerasan dan pembalasan setelah para jihadis yang terkait dengan al-Qaeda membantai 2/3 utara negara itu pada tahun 2012. Pasukan Perancis mendorong kembali gerilyawan Islam pada tahun 2013, tetapi sejak itu mereka telah mendapatkan kembali wilayah itu dan mendorong pengaruhnya ke dalam Niger dan Burkina Faso.

    Baca juga: Penembakan dan Pembakaran Gereja di Burkina Faso, 24 Tewas Termasuk Seorang Pendeta


    Tentara Mali jatuh di bawah kritik keras karena ketidakmampuan mereka untuk melindungi warga sipil sebagai contoh kekerasan yang telah meningkat selama dua tahun terakhir. Satu kelompok yang membuat statistik tentang kekerasan politik, Proyek Data Lokasi & Peristiwa Konflik Bersenjata, melaporkan peningkatan 90% dalam kematian warga sipil di Mali pada kuartal pertama tahun 2020. Ini terjadi setelah orang-orang bersenjata Dogon diduga menewaskan lebih dari 150 warga sipil Maret lalu.

    Barnabas Fund juga melaporkan bahwa lebih dari 100 pria, wanita, dan anak-anak tewas dalam serangan terhadap sebuah desa yang sebagian besar beragama Kristen di Mali tengah Juni lalu.

    Menurut Al Jazeera, 125 penjaga perdamaian dengan misi PBB di Mali telah terbunuh sejak 2013.

    Mali diperingkat sebagai negara ke-29 paling berbahaya bagi umat Kristen, menurut Daftar Pantau Penganiayaan Dunia Open Doors USA.

    Baca juga: Lebih Dari 620 Orang Kristen Nigeria Terbunuh Sejauh Ini di Tahun 2020 oleh Boko Haram & Fulani – Menurut Laporan

    (Sumber: Christianheadlines)

    Belum ada Komentar untuk "Sekelompok Pria Bersenjata Membunuh 27 Orang di Desa-Desa yang Mayoritas Penduduknya Kristen di Mali"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel


    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel