Recent Posts

    204 Jemaat Terinfeksi, Gereja Sekte Kiamat Jadi Pusat Wabah Coronavirus di Korea Selatan, Tutup Gereja dan Minta Jemaat Ikuti Ibadah di YouTube


    Ketika krisis coronavirus terus menjalar di seluruh Asia, dengan lebih dari 2.200 kematian dilaporkan di China daratan, sebuah sekte misterius telah menjadi pusat wabah "kematian" dan "belum pernah terjadi sebelumnya" di Korea Selatan.

    Korea Selatan mencatat lompatan mengkhawatirkan dalam kasus yang dikonfirmasi pada hari Jumat, meningkat menjadi 204 pasien, mengikuti apa yang pemerintah setempat gambarkan sebagai "peristiwa penyebaran super" di Daegu, kota terbesar keempat Korea Selatan.


    Sebagian besar dari kasus-kasus baru telah ditelusuri berasal dari seorang wanita berusia 61 tahun yang diidentifikasi sebagai 'Pasien 31' yang telah mengambil bagian dalam pelayanan di gereja, kata pihak berwenang.

    Dari 152 kasus yang ditemukan di kota itu, sebagian besar telah dikaitkan dengan cabang Daegu dari Gereja Shincheonji, di mana 'Pasien 31' diketahui telah menghadiri setidaknya empat kebaktian sebelum didiagnosis.

    Menurut laporan lokal, wanita itu pertama kali mengalami demam pada 10 Februari tetapi dua kali menolak untuk dites terhadap virus corona dengan alasan bahwa dia belum lama bepergian ke luar negeri.

    Pemerintah kota Daegu mengatakan ada 1.001 anggota Shincheonji di kota itu, yang semuanya telah diminta untuk melakukan karantina sendiri, dengan 90 dari mereka menunjukkan gejala pada Kamis sore.

    Baca juga: Urgent: Permintaan Doa Mendesak Dari Gereja di Wuhan Untuk 11 Juta Penduduk Atas Mewabahnya Coronavirus Covid-19


    Kwon Young-jin, walikota Daegu, mengatakan mereka yang memiliki gejala "akan diuji secepat mungkin", sementara mendesak tindakan yang lebih kuat dari pemerintah di Seoul dan menyebut respon nasional "tidak memadai".

    "Kami berencana untuk menguji semua orang percaya di gereja itu dan telah meminta mereka untuk tinggal di rumah yang terisolasi dari keluarga mereka," kata Kwon, ketika wakil menteri kesehatan Korea Selatan Kim Kang-lip menggambarkan situasi sebagai "sangat serius" dalam briefing terpisah .

    Gereja Shincheonji mengatakan telah menutup 74 gereja di seluruh negara dan meminta pengikut untuk mengikuti layanan ibadahnya di YouTube.

    Gereja, yang didirikan pada 1984 oleh pemimpin Lee Man-hee, sering dituduh sebagai aliran sesat.

    Mr Lee mengklaim sebagai kedatangan kedua Yesus Kristus dan telah berjanji untuk membawa 144.000 orang bersamanya ke surga pada Hari Penghakiman. Menurut ajarannya, hanya dia yang bisa menafsirkan dan memahami arti sebenarnya dari Alkitab.

    Baca juga: Ratusan Orang Israel Berkumpul di Tembok Barat, Berdoa Bagi China Untuk Mengakhiri Coronavirus


    "Pengikut Shincheonji percaya Lee Man-hee adalah abadi dan memiliki kehidupan abadi," Ji-il Tark, seorang profesor agama di Universitas Presbyterian Busan di Korea Selatan, mengatakan kepada Associated Press. "Untuk menyebarkan kepercayaan mereka, mereka sering mendekati kerabat dan kenalan mereka atau menyelinap ke gereja lain tanpa memberi tahu mereka bahwa mereka adalah anggota Shincheonji."

    Mr Tark mengatakan pengikut Shincheonji lebih rentan terhadap infeksi virus karena mereka sering duduk sangat dekat di lantai selama layanan. Di Shincheonji, menghadiri pertemuan yang berhubungan dengan gereja "bukan pilihan, tetapi persyaratan," katanya.

    Gereja menambahkan bahwa pihaknya sepenuhnya bekerja sama dengan upaya karantina pemerintah dan menuduh kelompok-kelompok gereja arus utama menyebarkan klaim palsu, seperti yang awalnya memerintahkan para pengikut untuk tetap diam tentang penyakit tersebut.

    Dalam sebuah pernyataan, dikatakan bahwa pejabat kesehatan mendisinfeksi gerejanya di Daegu, yang memiliki jemaat sekitar 8.000 orang, dan sedang melacak kontak Pasien 31.

    Gereja juga menerima bahwa wanita itu berada di belakang wabah baru-baru ini, tetapi mengatakan telah menyarankan para pengikut sejak akhir Januari untuk tinggal di rumah jika mereka telah bepergian ke luar negeri atau bahkan mengalami gejala seperti pilek.

    Baca juga: Pemimpin Gereja Sekte Korea Selatan Mengatakan Wabah Coronavirus Adalah 'Perbuatan Iblis'


    "Kami sangat menyesal bahwa karena salah satu anggota kami, yang menganggap kondisinya sebagai pilek karena dia tidak bepergian ke luar negeri, menyebabkan banyak orang di gereja kami terinfeksi dan dengan demikian menimbulkan kekhawatiran kepada masyarakat setempat," katanya dalam sebuah pernyataan.

    Presiden Moon Jae-in telah memerintahkan tindakan lebih cepat untuk melacak mereka yang baru-baru ini mengunjungi gereja Daegu serta rumah sakit di kota tenggara Cheongdo, di mana banyak kasus virus juga dilaporkan dalam tiga hari terakhir.

    Di Seoul, walikota Park Won-soon mengatakan pada hari Jumat bahwa pihak berwenang akan menutup cabang-cabang kota lainnya gereja Shincheonji sampai wabah terkendali.

    Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan lompatan dalam kasus di Korea Selatan tidak menandakan peningkatan risiko pandemi global.

    Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus bersikeras bahwa kasus-kasus baru itu sebagian besar terkait dengan kelompok infeksi yang sudah ada dan bahwa pihak berwenang Korea Selatan mengikuti mereka dengan sangat cermat.

    Baca juga: 'Mereka Datang Untuk Membunuh Dia': Penginjil Korea Ditikam Hingga Tewas di Jalanan Turki


    "Jumlah kasus benar-benar dapat dikelola, dan saya berharap Korea Selatan akan melakukan segalanya untuk mengatasi wabah ini pada tahap awal ini," katanya.

    Namun, di Daegu, para pejabat kurang optimis. "Kami berada dalam krisis yang belum pernah terjadi sebelumnya," kata Kwon, Kamis.

    (Sumber: Independent)

    2 Komentar untuk "204 Jemaat Terinfeksi, Gereja Sekte Kiamat Jadi Pusat Wabah Coronavirus di Korea Selatan, Tutup Gereja dan Minta Jemaat Ikuti Ibadah di YouTube"

    1. Kuasa kegelapan akan musnah,,ketika mahluk ciptaan TUHAN TIDAK angkuh dan sombong,,kerendahan hati mengalah kuasa kegelapan YANG artinya kasih dari TUHAN akan turun,,ketika semua mahluk ciptaan nya berseru ,,SUDAH turun segerombolan pasukan malaikat melawan kuasa kegelapan,,berserulah kepadanya,,TUHAN mendengar semua itu,,penghakiman akan berakhir dengan pertobatan,,cawan darah akan berubah menjadi cawan air YANG kudus,,kemuliaan akan turun semua mahluk akan dibaharui ,,dibumi akan jadi seperti disorga dan taatikan kehendaknya ....Amen,,,wuhan akan terbebas dari kuasa kegelapan,,,hidup lah saling mengasihi kemulian akan menyertai WUHAN.....GOD BLESS YOU WUHAN...

      BalasHapus

    Iklan Atas Artikel


    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel