Recent Posts

    Saat Ini Hampir 700 Bahasa Telah Memiliki Terjemahan Alkitab Lengkap


    Saat ini terjemahan Alkitab lengkap telah tersedia dalam hampir 700 bahasa.

    Angka-angka terbaru dari Wycliffe Bible Translators menunjukkan bahwa 698 bahasa sekarang memiliki Alkitab lengkap, naik dari 683 pada tahun 2018.


    Bahkan lebih banyak yang memiliki Perjanjian Baru yang lengkap, naik dari 1.534 tahun lalu menjadi 1.548 bahasa sekarang, sementara 1.138 lebih lanjut memiliki beberapa bagian Alkitab yang diterjemahkan, naik dari 1.133.

    Wycliffe mengatakan bahwa pekerjaan terjemahan aktif sedang dilakukan pada 2.617 bahasa di 161 negara, dengan badan amal dan organisasi mitranya SIL terlibat dalam sekitar tiga perempat dari pekerjaan ini.

    Ahli statistik untuk Wycliffe, Peter Brassington, mengatakan angka-angka itu membesarkan hati.

    "Ini adalah angka yang menggembirakan, dan mewakili pekerjaan luar biasa yang dilakukan tim penerjemah di seluruh dunia," katanya.

    "Perubahan dari tahun ke tahun tidak selalu terlihat dramatis di permukaan, tetapi terjemahan Alkitab membutuhkan upaya yang berdedikasi, jangka panjang, dan terjemahan yang diselesaikan sekarang sering dimulai bertahun-tahun yang lalu."

    Baca juga: Lagi, Penerjemah Alkitab Kamerun Dibunuh di Rumahnya


    "Saya bergabung dengan Wycliffe pada tahun 1996: jumlah bahasa di mana ada Alkitab lengkap telah dua kali lipat pada waktu itu."

    James Poole, Direktur Eksekutif Wycliffe, mengatakan: "Sekali lagi, kita telah melihat bahwa ketika orang mendapatkan Perjanjian Baru atau Alkitab dalam bahasa mereka, itu membuat perbedaan."

    "Melihat sukacita dan kegembiraan atas dedikasi Perjanjian Baru Keliko, Wamey dan Nyakyusa dalam 12 bulan terakhir ini mengingatkan saya betapa berartinya orang-orang memiliki Kitab Suci dalam bahasa mereka."

    "Ketika orang membaca firman Tuhan dengan pemahaman penuh sehingga mereka ditransformasikan dengan cara yang jauh lebih dalam."

    Meskipun ada kemajuan, masih ada jalan panjang sebelum ada Alkitab lengkap dalam semua bahasa. Menurut Wycliffe, jumlah bahasa aktif, termasuk bahasa isyarat, di dunia berjumlah 7.353.

    Baca juga: Pencipta VeggieTales Meluncurkan Alkitab Interaktif untuk Anak-Anak dan Dewasa


    Meskipun ada 3.384 bahasa dengan beberapa bagian Alkitab, ada 3.969 dituturkan oleh 252 juta orang, yang masih tanpa satu pun ayat yang diterjemahkan.

    "Seperti yang ditunjukkan statistik, masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan," kata Poole. "Hampir 1,5 miliar orang tidak memiliki Alkitab dalam bahasa yang paling mereka pahami: itu satu dari lima populasi dunia. Itulah mengapa Wycliffe terus bekerja dengan urgensi untuk menerjemahkan firman Tuhan ke dalam semua bahasa ini."

    Baca juga: Alkitab Mengubah Kehidupan Orang-Orang Muda di Yordania Satu-Persatu

    (Sumber: Christiantoday)

    Belum ada Komentar untuk "Saat Ini Hampir 700 Bahasa Telah Memiliki Terjemahan Alkitab Lengkap"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel


    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel