Recent Posts

    Para Arkeolog Temukan Mosaik yang Memperlihatkan Lima Roti dan Dua Ikan di Dekat Danau Galilea


    Para arkeolog yang bekerja di lokasi gereja Kristen mula-mula dekat Danau Galilea telah menemukan sebuah mosaik yang menggambarkan lima potong roti dan dua ikan.

    Mosaik itu ditemukan dalam apa yang disebut Gereja Burnt di penggalian Hippos-Sussita di Genesaret, yang sekarang dikenal sebagai Danau Kineret, yang menghadap ke Danau Galilea di Israel utara, Haaretz melaporkan.


    Salah satu mukjizat Yesus yang paling terkenal adalah memberi makan 5.000 orang dengan hanya lima roti dan dua ikan.

    Bersamaan dengan roti dan ikan, desain mosaik tersebut menggabungkan motif delima. Gereja Burnt ditemukan oleh tim arkeolog pada bulan Juli dan sejak itu mengumpulkan beberapa keramik yang memberikan penanggalan konstruksi dari bangunan tersebut hingga abad kelima.

    Bangunan tersebut disebut sebagai 'Burnt Church' karena jatuh ke dalam kehancuran setelah dirusak oleh api. Namun, dalam keberuntungan, lapisan abu lah yang melindungi lantai mosaik selama berabad-abad berikutnya dari kerusakan akibat sinar matahari.

    Dr Michael Eisenberg, co-direktur penggalian Hippos-Sussita, bekerja di lokasi bersama Arleta Kowalewska. Keduanya berasal dari Zinman Institute Archaeology di Haifa University.

    Baca juga: Bukti Penaklukan Babilonia Atas Yerusalem Ditemukan. Sama Seperti yang Dijelaskan Dalam Alkitab


    Berbicara tentang hubungan dekat lokasi itu dengan para pengikut Kristus yang mula-mula, Dr Eisenberg mengatakan: "Melihat ke bawah, mereka pasti memikirkan mukjizat dan karya Yesus di sekitar danau tepat di bawah."

    Lantai mosaik telah ditemukan di bagian tengah, apse dan lorong samping. Berkat lapisan abu, warnanya masih jelas dewasa ini.

    Roti yang digambarkan dalam mosaik semuanya berwarna berbeda, sesuatu yang dikatakan oleh Dr. Eisenberg mungkin telah memberitahu berbagai jenis roti.

    "Pasti ada lima roti, bukan tiga atau enam. Warnanya mungkin mencerminkan berbagai jenis tepung, gandum dan gandum barley. Lalu ada sepasang ikan di mosaik di apse," katanya.

    Baca juga: Para Arkeolog Percaya Telah Menemukan Rumah Masa Kanak-Kanak Yesus


    "Asosiasi yang muncul di benakku adalah mukjizat dari roti dan ikan."

    (Sumber: Christiantoday)

    Belum ada Komentar untuk "Para Arkeolog Temukan Mosaik yang Memperlihatkan Lima Roti dan Dua Ikan di Dekat Danau Galilea"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel


    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel