Recent Posts

    15 Hal yang Harus Anda Ketahui tentang Saksi-Saksi Yehuwa


    Saksi-Saksi Yehuwa adalah denominasi Kristen restorasi milenarian yang dahulu bernama Siswa-Siswa Alkitab hingga pada tahun 1931. Agama ini (di dunia Barat dikenal sebagai Jehovah's Witnesses atau Jehovas Zeugen) menolak doktrin Tri Tunggal, begitu kontras dengan agama Kristen arus utama.

    Kelompok ini melaporkan keanggotaan di seluruh dunia sekitar 8,58 juta pengikut yang terlibat dalam penginjilan dan kehadiran Peringatan tahunan lebih dari 20 juta.


    Saksi-Saksi Yehuwa dipimpin oleh Badan Pimpinan Saksi-Saksi Yehuwa, sekelompok penatua di Warwick, New York, yang menetapkan semua doktrin berdasarkan interpretasinya terhadap Alkitab.

    Berikut adalah 15 fakta yang harus Anda ketahui mengenai Saksi-Saksi Yehuwa (SSY):

    1. Kapan Saksi-Saksi Yehuwa Didirikan?

    Saksi-Saksi Yehuwa Didirikan pada tahun 1870. Saksi-Saksi Yehuwa berasal dari Pittsburg, Pennsylvania, ketika seorang pendeta Kristen Restorasi, seorang pria bernama Charles Taze Russell mulai memimpin pelajaran Alkitab. Misionaris Siswa-Siswa Alkitab belakangan dikirim ke Inggris pada tahun 1881 dan cabang luar negeri pertama dibuka di London pada tahun 1900.

    2. Apa Keyakinan Dasar Saksi-Saksi Yehuwa? (Apa yang Saksi Yehuwa Percaya?)

    Saksi-Saksi Yehuwa percaya bahwa Tuhan adalah Pencipta dan Yang Mahatinggi. SSY menolak doktrin Tritunggal, yang mereka anggap tidak Alkitabiah. Mereka memandang Allah sebagai Bapa, "pribadi" roh yang tidak terlihat yang terpisah dari Anak, Yesus Kristus.


    Saksi-Saksi Yehuwa percaya bahwa Yesus adalah satu-satunya ciptaan langsung Allah, bahwa segala sesuatu diciptakan melalui Kristus dengan kekuatan Allah, dan bahwa tindakan awal penciptaan tanpa bantuan secara unik mengidentifikasi Yesus sebagai "Anak tunggal yang diperanakkan" dari Allah. Yesus melayani sebagai penebus dan korban tebusan untuk membayar dosa-dosa kemanusiaan. Mereka percaya bahwa Yesus mati pada satu tiang tegak daripada salib tradisional. Referensi Alkitab untuk Malaikat Tertinggi Michael, Abaddon (Apollyon), dan Firman ditafsirkan sebagai nama untuk Yesus dalam berbagai peran.

    Saksi-Saksi Yehuwa percaya bahwa denominasi mereka adalah pemulihan kekristenan abad pertama. Doktrin Saksi-Saksi Yehuwa didirikan oleh Badan Pimpinan, yang memikul tanggung jawab untuk menafsirkan dan menerapkan tulisan suci. Badan Pimpinan tidak mengeluarkan satu pun "pernyataan iman" tunggal yang komprehensif, tetapi lebih suka mengekspresikan posisi doktrinalnya dalam berbagai cara melalui publikasi yang diterbitkan oleh Lembaga Menara Pengawal.

    3. Apa yang Dipercayai Saksi Yehuwa tentang Surga dan Neraka?

    Saksi-Saksi Yehuwa percaya bahwa kerajaan Allah adalah pemerintahan yang nyata di surga yang akan segera menggantikan pemerintahan manusia dan mencapai tujuan Allah untuk bumi. Mereka percaya bahwa Yesus adalah raja kerajaan Allah di surga dan bahwa Ia mulai memerintah tahun 1914.. Sejumlah kecil orang — 144.000 — akan dibangkitkan untuk hidup bersama Yehuwa di surga dan memerintah bersama Yesus di kerajaan itu. Mereka percaya bahwa Allah akan membawa miliaran dari kematian melalui kebangkitan dan bahwa "banyak orang yang sekarang hidup mungkin mulai melayani Allah, dan mereka juga akan mendapatkan keselamatan." Namun, mereka yang "menolak untuk belajar cara-cara Allah setelah diangkat ke hidup" akan berlalu dari keberadaan selamanya (mereka tidak akan menderita dalam "neraka siksaan yang berapi-api ").

    4. Apa yang Saksi Yehuwa Percayai Tentang Yesus Kristus?

    Saksi-Saksi Yehuwa tidak percaya pada Trinitas (Tuhan dalam tiga pribadi). Tuhan, atau Yehuwa, adalah makhluk tunggal. Yesus adalah putra Yehuwa yang diciptakan melalui siapa Yehuwa menciptakan segalanya. Mereka percaya rohnya, bukan tubuhnya, dibangkitkan, dan bahwa Allah lebih besar daripada Yesus. Roh Kudus dilihat sebagai bukan manusia, tetapi kekuatan tindakan Yehuwa.


    Dalam hal keselamatan, SSY percaya bahwa Yesus mati di tiang pancang alih-alih salib untuk membayar dosa-dosa umat manusia.

    5. Apa yang Saksi Yehuwa Percayai Tentang Alkitab?

    Saksi Yehuwa percaya bahwa Alkitab adalah "pesan yang diilhami Allah bagi manusia" pada tahun 1961 sebuah perusahaan SSY, The Watch Tower Bible and Track Society, menerbitkan terjemahan Alkitabnya yang setara secara formal : The New World Translation of The Holy Scripture (NWT). Pada tahun 2015 NWT telah diterjemahkan secara keseluruhan atau sebagian ke 129 bahasa. Sejak rilis terjemahan NT pada tahun 1950, versi ini telah dikritik karena merubah makna dan kata-kata dari teks agar sesuai dengan doktrin SSY. Contoh utama adalah Yohanes 1:1 . Baik ESV dan NIV menerjemahkan ayat itu sebagai "Pada mulanya adalah Firman,  Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah". Versi NWT menerjemahkan bagian itu sebagai "Pada mulanya adalah Firman, Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah allah" penambahan artikel tidak terbatas "a" ditambahkan untuk menghindari kesimpulan bahwa Yesus adalah Allah. Mengacu pada ayat ini Bruce M. Metzger menulis pada tahun 1953, "Harus dinyatakan dengan terus terang, bahwa jika Saksi Yehuwa menganggap serius terjemahan ini, mereka adalah politeis."

    6. Bagaimana Saksi-Saksi Yehuwa Berbeda dari Kekristenan?

    Berbeda dengan kepercayaan Kristen yang normal, Saksi-Saksi Yehuwa tidak percaya pada Tritunggal (Allah dalam tiga pribadi). Tuhan, atau Yehuwa, adalah makhluk tunggal. Yesus adalah putra Yehuwa yang diciptakan melalui siapa Yehuwa menciptakan segalanya. Mereka percaya rohnya, bukan tubuhnya, dibangkitkan, dan bahwa Allah lebih besar daripada Yesus. Roh Kudus dilihat sebagai bukan manusia, tetapi kekuatan tindakan Yehuwa.


    Dalam hal keselamatan, SSY percaya bahwa Yesus mati di tiang pancang alih-alih salib untuk membayar dosa-dosa umat manusia. Mereka juga mengajarkan bahwa keselamatan tidak hanya melalui iman kepada Kristus saja, tetapi harus diperoleh dengan kepatuhan dan kesetiaan kepada perintah-perintah Allah.

    Mengenai kematian dan akhirat, Saksi-Saksi Yehuwa tidak percaya pada keberadaan neraka sebagai tempat penyiksaan. Sebaliknya, mereka percaya bahwa keberadaan manusia berakhir sepenuhnya pada kematian, meskipun orang "dapat diingat oleh Tuhan dan pada akhirnya akan dibangkitkan," menurut BBC.

    Saksi-Saksi Yehuwa juga memiliki keyakinan yang berbeda tentang akhir zaman, juga. BBC melaporkan bahwa SSY percaya akhir zaman dimulai pada tahun 1914. Periode ini akan berakhir dengan Hari Penghakiman, 1.000 tahun pemerintahan Kristus dengan 144.000 orang yang diurapi "yang telah diurapi" yang telah dipilih oleh Allah. Orang lain yang membuktikan kesetiaan mereka kepada Yehuwa pada akhir zaman akan hidup abadi di bumi di firdaus yang baru.

    7. Mengapa Saksi-Saksi Yehuwa Tidak Menyebut Tempat Pertemuan Mereka Sebagai Gereja?

    Pada sekitar tahun 1935, Rutherford, (juga presiden masyarakat Menara Pengawal) ketika mengunjungi Hawaii, menyarankan untuk memanggil tempat ibadat mereka, Balai Kerajaan. Rutherford beralasan, bahwa bangunan itu akan digunakan untuk "memberitakan kabar baik Kerajaan."


    Karena Saksi-Saksi Yehuwa menggunakan bangunan mereka untuk beribadat dan belajar tentang Yehuwa, rasanya cocok untuk menyebut mereka Balai Kerajaan. Nama tersebut sesuai dengan tujuan dan penggunaan bangunan atau struktur mereka.

    Kata gereja, sering diterjemahkan dalam Alkitab, merujuk pada jemaat orang dan bukan struktur. Jadi, para saksi Yehuwa, lebih suka menyebut tempat mereka untuk ibadat dan pelajaran Alkitab, Balai Kerajaan.

    Inilah sebabnya mengapa Saksi-Saksi Yehuwa menyebut tempat ibadat mereka, Balai Kerajaan

    8. Negara Mana Saja Yang Melarang Saksi Yehuwa?

    Kegiatan-kegiatan Saksi Yehuwa sebelumnya telah dilarang di Uni Soviet dan Spanyol, sebagian karena penolakan mereka untuk melakukan dinas militer. Kegiatan keagamaan mereka saat ini dilarang atau dibatasi di beberapa negara, misalnya di Singapura, China, Vietnam, Rusia dan banyak negara mayoritas muslim.

    9. Akankah Saksi Yehuwa Masuk Surga?

    Saksi Yehuwa percaya bahwa hanya 144.000 orang, yang ditemukan dalam Wahyu pasal 7 dan 14, akan naik ke surga untuk menjadi raja dan imam dengan Yesus Kristus. Mereka mengatakan bahwa Tuhan akan memulai perang dunia yang disebut Armageddon, dan orang-orang yang tidak mentaati Tuhan atau menyembah-Nya seperti yang Dia harapkan akan terbunuh.

    10. Mengapa Saksi Yehuwa Tidak Merayakan Natal atau Paskah?

    Saksi Yehuwa tidak merayakan Natal atau Paskah, karena mereka percaya Alkitab mengajarkan bahwa Yesus mati — bukan kelahiran atau kebangkitannya— yang harus dirayakan. Mereka juga percaya bahwa Natal dan Paskah tidak disetujui oleh Tuhan karena mereka berakar pada adat dan upacara penyembahan berhala.


    11. Mengapa Saksi Yehuwa Tidak Merayakan Ulang Tahun?

    Saksi Yehuwa tidak merayakan hari besar keagamaan seperti Natal dan Paskah, juga tidak merayakan ulang tahun, hari libur nasional, atau perayaan lain yang mereka anggap untuk menghormati orang lain selain Yesus. Mereka merasa bahwa ini dan banyak kebiasaan lainnya memiliki asal usul kafir atau mencerminkan semangat nasionalistik atau politik. Menurut mereka adalah bahwa libur tradisional ini mencerminkan kendali Setan atas dunia. Saksi mata diberitahu bahwa pemberian secara spontan di waktu lain dapat membantu anak-anak mereka untuk tidak merasa kehilangan hari ulang tahun atau perayaan lainnya.

    12. Apakah Saksi Yehuwa Melakukan Pemungutan Suara?

    Denominasi Saksi Yehuwa mengajarkan bahwa para anggotanya harus tetap netral secara politik dan tidak memilih atau berpartisipasi dalam tindakan apapun untuk mengubah pemerintahan. Saksi Yehuwa mempertahankan Netralitas Politik. Mereka tidak mencalonkan diri untuk jabatan pemerintahan atau berpartisipasi dalam tindakan apa pun untuk mengubah pemerintah. Organisasi mengklaim bahwa Alkitab memberikan alasan kuat untuk Netralitas Politik mereka.

    13. Mengapa Saksi Yehuwa Tidak Menerima Transfusi Darah?

    Ini adalah masalah agama daripada masalah medis.

    Saksi Yehuwa menolak transfusi darah, yang mereka anggap sebagai pelanggaran hukum Allah berdasarkan interpretasi mereka terhadap Kisah Para Rasul 15: 28,29 dan tulisan suci lainnya. Mereka percaya bahwa orang Kristen tidak boleh menerima transfusi darah atau menyumbangkan atau menyimpan darah mereka sendiri untuk transfusi.

    Saksi Yehuwa menerima alternatif non-darah dan prosedur medis lainnya sebagai pengganti transfusi darah, dan lektur mereka menyediakan informasi tentang prosedur medis non-darah.


    14. Apa Yang Terjadi Jika Saksi Yehuwa Menerima Darah ?

    Sejak 1961, keinginan untuk menerima transfusi darah oleh anggota telah menjadi alasan pengusiran dari kelompok tersebut. Anggota diarahkan untuk menolak transfusi darah, bahkan dalam "situasi hidup atau mati".

    15. Mengapa Saksi Yehuwa Mempraktekan Pelayanan Dari Rumah ke Rumah?

    SSY mempraktekkan pelayanan dari rumah ke rumah karena mereka percaya itu adalah cara yang efektif untuk memenuhi Amanat Agung dan bahwa orang Kristen abad pertama terus menyebarkan pesan baik "secara publik maupun dari rumah ke rumah" (mereka mengutip Kisah Para Rasul 5:42 ; 20:20). Mereka tidak percaya bahwa pelayanan dari rumah ke rumah adalah sarana untuk mendapatkan keselamatan dengan melakukan pekerjaan baik. Mereka juga percaya bahwa "menekan orang untuk mengubah agama mereka adalah salah" meskipun mereka percaya dalam upaya untuk memperdebatkan keyakinan khusus mereka. Dalam pelayanan mereka dari rumah ke rumah, mereka umumnya membagi dua majalah, Sedarlah! (Awake!), sebuah majalah religius umum dan The Watchtower, sebuah majalah yg isinya berfokus pada "pentingnya peristiwa dunia dalam terang nubuatan Alkitab".

    Fakta Lain Tentang Saksi Yehuwa Adalah :

    Mereka tidak memiliki rohaniawan yang dibayar, karena mereka percaya bahwa "model kekristenan abad pertama" adalah model dimana "semua anggota yang dibaptis ditahbiskan menjadi pendeta dan ikut serta dalam pekerjaan pengabaran dan pengajaran". Baik pria maupun wanita dapat menjadi pendeta, meskipun di dalam setiap sidang "pria yang matang secara rohani" melayani sebagai "pria yang lebih tua" atau penatua. Sekitar 20 sidang membentuk wilayah, dan sidang menerima kunjungan berkala dari para penatua keliling yang dikenal sebagai pengawas wilayah. SSY tidak diharuskan untuk memberi perpuluhan dan tidak ada kolekte yang diambil pada pertemuan mereka, meskipun kotak donasi tersedia.


    Bimbingan doktrinal disediakan oleh Governing Body yang terdiri dari SSY yang sudah lama bekerja dikantor-kantor internasional di Brooklyn, New York. Sejumlah perusahaan sedang digunakan oleh SSY, meskipun mereka sering disebut secara kolektif sebagai "The Society" setelah yang tertua dan paling menonjol dari perusahaan mereka, "The Watch Tower Bible dan Tract Society of Pensylvania" (yang sekarang berlokasi di Brooklyn). Tidak banyak yang diketahui tentang pembiayaan perusahaan SSY selain bahwa mereka memiliki kepemilikan real estat yang signifikan di New York City. Misalnya kantor pusat group, yang saat ini dijual, diperkirakan akan dijual sekitar $1 miliar.

    Baca juga: Ditolak Ortu Karena Tinggalkan Saksi-Saksi Yehuwa Untuk Kristus, Cynthia: 'Tuhan Sembuhkan Saya dan Berbicara Kepada Saya'

    (Sumber: believersportal)

    Belum ada Komentar untuk "15 Hal yang Harus Anda Ketahui tentang Saksi-Saksi Yehuwa"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel


    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel